oleh

BAZNAS Bekali Motivasi Peserta Beasiswa pada Momentum Halal Bihalal Beasiswa BAZNAS

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membekali motivasi kepada seluruh peserta beasiswa pada momentum halal bihalal beasiswa BAZNAS secara daring via Zoom Meeting, pada Rabu (10/6/2021). Halal Bihalal beasiswa BAZNAS adalah kesempatan silaturahim seluruh peserta beasiswa baik di jenjang S1, S2, dan S3.

Acara ini dihadiri oleh Pimpinan BAZNAS RI, M. Nadratuzzaman Hosen; Kepala Lembaga Beasiswa BAZNAS, Sri Nurhidayah; dan 462 mahasiswa dari program Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) Dalam Negeri, BCB Luar Negeri, Beasiswa Riset, dan Kaderisasi Seribu Ulama, serta Ikatan Alumni Beasiswa BAZNAS. Acara berlangsung selama 90 menit dengan dipandu oleh Marina Intansari selaku tim Lembaga Beasiswa BAZNAS.

Nadratuzzaman mengajak seluruh peserta untuk terus bersyukur karena telah menjadi bagian yang terpilih sebagai penerima beasiswa di antara ribuan yang mendaftar. Mahasiswa didorong untuk memanfaatkan beasiswa sebaik mungkin, di antaranya dengan menyelesaikan studi tepat waktu, memiliki prestasi, serta berkontribusi di dalam lingkaran gerakan keluarga beasiswa BAZNAS. Nadratuzzaman juga berharap para alumni difasilitasi dan mengikuti program pelatihan dan sertifikasi amil dari LSP BAZNAS.

“Para alumni diharapkan mengikuti training dan sertifikasi amil oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BAZNAS, sehingga para alumni ini menjadi penggerak zakat di mana pun mereka bekerja dan berkarya,” ujar Nadratuzzaman.

Para mahasiswa adalah masa depan bangsa. Di tengah dunia yang penuh ketidakpastian, terutama di bidang teknologi, mahasiswa dituntut menjadi pribadi yang profesional, memiliki ilmu-ilmu yang memberikan manfaat untuk kepentingan suatu perubahan. Oleh karena itu, belajar tidak boleh berhenti, bahkan harus bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Belajar sesuatu yang baru, yang timbul karena kreativitas, belajar dari riset, belajar dari inovasi. Ini sangat sesuai dengan pesan Iqro, bacalah dalam Islam.

Dalam kesempatan yang sama, Sri Nurhidayah menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang terus bergiat. Hingga Juni 2021 ini, sebanyak 403 prestasi yang telah diraih peserta beasiswa, 940 organisasi yang menjadi tempat berkiprah dan berkontribusi, dan 168 peserta yang tengah merintis usaha, serta giat para peserta beasiswa doktoral yang menulis di media massa dan online. Pertemuan hari ini merupakan sebuah momentum untuk mengukuhkuatkan silaturahim jaringan beasiswa BAZNAS.

Selain kegiatan tersebut, di kesempatan yang sama juga disampaikan laporan hasil capaian para peserta beasiswa dalam bentuk Indeks Capaian Beasiswa (ICB). ICB adalah nilai capaian setiap peserta yang diukur dari 8 indikator, yaitu keteladanan, pergerakan, pengaruh, kemandirian, kemampuan, inovatif, problem solving, dan optimalisasi kategori beasiswa.#

Artikel Terkait