oleh

Bus Sekolah Dikerahkan Bantu Antar Lansia ke Lokasi Vaksinasi

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Vaksinasi lansia terus digencarkan di Kota Administrasi Jakarta Selatan. Seperti di Kelurahan Kalibata, Kecamatan Pancoran, bus sekolah kini dikerahkan untuk mengantarkan lansia ke lokasi vaksin yang telah ditentukan.

Lurah Kalibata Maman menjelaskan, bus sekolah sangat berguna sebagai mobilitas lansia. Meski ketika telah selesai, banyak lansia yang juga dijemput keluarga atau pulang menggunakan ojek online.

“Mereka banyak yang menggunakan bus sekolah ke sentra vaksin. Tapi begitu selesai vaksin, gak mau nunggu yang sedang di vaksin. Jadi ketika pulang ya dijemput atau pakai aplikasi ojek online,” ungkap Maman di SDN 011 Kalibata, Jumat (26/03/2021).

Menurut Maman, peran serta kader dasawisma, RT, RW, FKDM, Kader Jumantik, karang taruna terus dioptimalkan. Semuanya diakui Maman melakukan yang terbaik guna mengajak lansia agar mau divaksin.

“Jujur ini perjuangan yang berat. Bagaimana kita berusaha mengajak orang tua untuk mau datang ke sentra vaksin itu tidak mudah. Kan gak semua orang mau, makanya harus pelan-pelan,” ungkap Maman, seperti dilansir laman selatan.jakarta.go.id.

Di satu sisi, para penerima vaksin terlihat lebih santai ketika mengikuti vaksinasi. Jayadi Ahmad misalnya, ia mengaku tidak takut akan vaksin. “Allhamdulilah semuanya lancar. Mending segera divaksin agar bisa ngumpul bareng anak cucu,” singkatnya.

Hal serupa juga diakui Haji Warsid, ia mengaku senang karena sudah divaksin. “Saya senang sudah mengikuti pencegahan, saya disuntik lagi 23 April mendatang,” tuturnya.

Umul Choiria juga mengatakan hal yang tidak jauh berbeda. Menurutnya pelayanan dokter saat vaksinasi baik dan penuh kesabaran. “Dokternya ngejelasin pelan-pelan, tadi dia bilang vaksin ini aman dan efek sampingnya malah cuma pegel aja. Ya saya pikir kalo disuntik pasti pegel jadi itu sudah wajar sih,” singkat Umul.#

Artikel Terkait