oleh

Gibran Langsung Blusukan Usai Dilantik

SURAKARTA (Suarakaryanews.com): Gibran Rakabuming langsung membuktikan pernyataannya untuk langsung bekerja usai dilantik menjadi Wali Kota Surakarta, berpasangan dengan Teguh Prakoso sebagai Wakil Wali Kota, Jumat (26/02/2021).

Usai menyambangi Pasar Gede untuk memastikan kesiapan vaksinasi bagi para pedagang pasar utama di Surakarta, Gibran melanjutkan blusukan ke TPA Putri Cempo, Mojosongo untuk meninjau PLTSa Surakarta, Jumat siangnya.

Perwakilan PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP) Gangga Wahyu menuturkan progress yang telah berjalan sejauh ini.

“Proses pembangunan sudah mencapai 23,90% sampai bulan Januari 2021. Ditargetkan selesai tahun depan,” tuturnya, seperti dilansir laman jatengprov.go.id.

PLTSa Surakarta ini pun ditargetkan dapat menghasilkan lima mega watt. Pihak SCMPP mengatakan, pembangunan sempat mengalami kendala.

“Kendala dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengakibatkan pembangunan PLTSa Surakarta tertunda selama tujuh bulan (April-Oktober 2020). Sehingga kemungkinan pembatasan kegiatan di lapangan masih mungkin terjadi,” ungkap Gangga.

Mendengar pemaparan dari pihak SCMPP, Gibran pun kembali menegaskan dan berharap proyek selesai tepat waktu.

“Berarti saya kunci di April 2022 harus sudah jadi, full lima Mega Watt ya,” ujar Gibran.

Usai pertemuan, Gibran pun melanjutkan perjalanan meninjau lokasi proyek PLTSa dan membagikan paket bantuan sembako kepada para pemulung di sekitar TPA Putri Cempo.

Lokasi selanjutnya yang disambangi adalah area rel Joglo, Banjarsari. Bertahun-tahun lamanya kondisi rel Joglo membuat masyarakat sekitar mengeluh lantaran area ini rawan macet. Selama setahun lebih blusukan, keluhan macet, rawan banjir, kondisi drainase yang buruk, kerap didengar Gibran saat menyerap aspirasi di kalangan warga kecamatan Banjarsari.

Pada lawatan kali ini, Gibran didampingi Sekda Kota Surakarta Ahyani, Kepala DPU PR Kota Surakarta Endah Sitaresmi, dan Kepala Dishub Kota Surakarta Hari Prihatno. Bersama mereka, Gibran mencari solusi untuk mengurai kemacetan di area rel Joglo.

Tinjau Pasar Legi

Selanjutnya, usai salat Jumat di Masjid Ar Rochili, area DPC PDI Perjuangan, Gibran langsung menuju Pasar Legi Surakarta untuk meninjau proyek pembangunan pasar tersebut, pascaterbakar pada 2016.

Dalam kesempatan itu, Gibran Rakabuming disambut Kepala Dinas Perdagangan Heru Sunardi, jajaran pejabat dinas PP dan management PP Urban.

Project manager PP Urban, Dory memaparkan progres yang sudah dijalankan.

“Progres deviasi pekan ini positif 4,77%. Pembangunan di sini ada empat blok. Blok A hampir 100% selesai, blok B 80%, blok C-D sudah tahap pengecoran,” ujarnya.

Dory melanjutkan, PP Urban akan menyelenggarakan proyek pembangunan Pasar Legi lebih cepat dari waktu yang ditargetkan.

“Kontraknya November selesai, tapi kami targetkan maju dua bulan. Jadi September bisa selesai,” tukasnya.

Gibran pun tampak mengangguk.

“Saya bisa datang ke sini lagi dua minggu lagi?” tanya pria lulusan Singapura itu. Hal tersebut pun langsung disambut perkataan ‘siap’ oleh petugas proyek yang hadir.

Gibran berpesan, pembangunan kios harus memenuhi kuota pedagang Pasar Legi.

“Pokoknya semuanya harus masuk sesuai zonanya, di sini tercatat ada 300 kios dan 1.932 los,” tutur Gibran menegaskan.

Usai pertemuan dengan managemen pembangunan proyek, Gibran bersama rombongan langsung turun meninjau lokasi proyek rehabilitasi Pasar Legi.#

Artikel Terkait