oleh

Indonesia Perlu Regenerasi Petani

JAKARTA (Suarakaryamews.com): Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto menilai Indonesia perlu melakukan sentuhan teknologi yang canggih dan mutakhir dalam sektor pertanian untuk menarik minat kalangan milenial, sehingga dapat meningkatkan regenerasi petani di Indonesia.

“Perlu dilakukan upaya menarik minat kaum milenial agar tertarik terjun ke pertanian,” kata Hermanto dalam siaran pers kepada Parlementaria, Senin (1/02/2021).

Menurut Anggota Fraksi PKS ini, tenaga kerja di sektor pertanian kini cenderung terus berkurang, sehingga perlu upaya untuk meyakinkan milenial bahwa sektor pertanian dapat menjanjikan masa depan yang lebih cerah.

Lebih lanjut Hermanto mengatakan, pembangunan di sektor pertanian tidak akan pernah bisa dihentikan, karena setiap manusia pasti membutuhkan makanan. Oleh sebab itu, peningkatan produktivitas pertanian saat ini tidak bisa hanya mengandalkan cara-cara traditional saja, melainkan harus mulai menggunakan sentuhan teknologi.

“Perlu ada sentuhan berbagai teknologi. Agar bisa menggunakan teknologi tersebut, maka kapasitas petani dan penyuluh secara periodik perlu ditingkatkan,” pesan legislator daerah pemilihan (dapil) Sumatera Barat I itu, dilansir dari laman resmi DPR.

Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian mencatat petani muda di Indonesia berusia 20-39 tahun hanya 2,7 juta orang atau sekitar 8 persen dari total jumlah petani Indonesia. Hal tersebut diperkuat dengan data Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2019, bahwa jumlah petani muda tercatat mengalami penurunan sebanyak 415.789 orang dari periode 2017 ke 2018.*

Artikel Terkait