oleh

Ketua Umum PSSI Puji Perjuangan Menpora Amali Dapatkan Izin Turnamen Prakompetisi Sepakbola

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan memuji perjuangan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam mendapatkan surat izin penyelenggaraan Turnamen Sepakbola Pra Musim Tahun 2021 Piala Menpora RI dari Kepolisian.

“Kami ucapkan terimakasih kepada pak Menpora karena apa yang ditunggu oleh federasi dan oleh stakeholder sepak bola akhirnya izin pelaksanaan turnamen ditengah pandemi dikeluarkan oleh Kapolri,” kata Mochamad Iriawan di Auditorium Wisma Kemenpora, Jumat (19/02/2021), seperti dilansir laman kemenpora.go.id.

Pria yang karib disapa “Iwan Bule” tersebut kemudian bercerita izin ini keluar setelah melewati jalan panjang. Dimana kala itu, dirinya dan Menpora telah mengajukan izin turnamen pra kompetisi ini sebanyak tiga kali namun ditolak terus oleh pihak Kepolisian.

Izin pertama diajukan pada tanggal 1 Oktober 2020, kemudian pengajuan izin kedua pada tanggal 1 November 2020 dan ketiga kalinya pada 1 Februari 2021 lalu.

“Tapi Alhamdulillah yang keempat kali pada saat Kapolri berganti pada pak Listyo Sigit Prabowo izinnya keluar setelah dikaji oleh pihak kepolisian,” pungkasnya.

Dia mengakui bahwa pihaknya di PSSI, Kemenpora dan pihak Kepolisian telah melakukan rapat berkali-kali untuk izin ini. Namun pihak Kepolisian sangat mengkhawatirkan dalam kegiatan prakompetisi ini terjadi kluster baru perkembangan pertumbuhan virus covid-19.

“Kami sudah yakinkan pihak Kepolisian kalau di stadion sudah ada SOP protokol kesehatan yang dibuat federasi mengacu pada protokol kesehatan FIFA dan AFC,” ungkapnya.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali menyatakan campur tangan kementeriannya dalam turnamen Piala Menpora 2021 sudah sesuai aturan.”Ini adalah tugas Menpora, sesuai dengan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional Nomor 3 tahun 2005,” kata Amali.

Amali menyebutkan Kemenpora tidak bisa membiarkan ada cabang olahraga yang kesulitan untuk kembali berkegiatan. Khusus untuk sepak bola, menurut Amali, pihaknya rutin berkomunikasi dengan PSSI dan PT. Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi.

“Ketum dan pengurus PSSI, dirut dan pengurus LIB tidak tinggal diam. mereka berusaha, mereka bersama-sama dengan kita,” kata Amali.

Sementara terkait izin, menyampaikan hal berkat kerja sama Ketua Umum PSSI dan para pengurusnya dan juga PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang telah berkomunikasi dan bekerja sama sehingga Kepolisian percaya dan memberikan izin kompetisi tersebut.

“Sekarang izin keluar berkat kerja kita bersama-sama. Tidak ada satupun orang yang menonjol. Bukan Menpora, Bukan Ketum PSSI, Kerja sama ini menjadi modal utama kita sehingga Kepolisian mendapatkan keyakinan dari kita untuk bisa memberikan izin,” jelasnya.

Sebelumnya, pada Kamis (18/2) siang, Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akhirnya memberikan izin kompetisi sepak bola Indonesia bergulir kembali. Adapun Piala Menpora 2021 menjadi turnamen sepak bola pertama yang diberikan izin. Listyo mengizinkan ajang sepak bola kembali berlangsung setelah vakum sejak Maret 2020.

Namun PSSI belum dapat kembali memulai Liga 1 dan Liga 2 musim kompetisi 2021. Sebagai gantinya, turnamen Piala Menpora 2021 pun bakal digelar pada 20 Maret hingga 25 April 2021. Sebanyak 18 klub Liga 1 dan 2 klub Liga 2. Rencananya turnamen ini akan berlangsung di Solo, Bandung, Sleman, dan Malang.#

Artikel Terkait