oleh

Komisi I Apresiasi Mekanisme Pendidikan Sesko TNI

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid mengapresiasi mekanisme pendidikan yang dijalankan Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI saat pandemi Covid-19 menyerang. Kesiapan terus dilakukan agar proses pembelajaran tetap berlangsung kepada Perwira Siswa (Pasis), sebagai bentuk pertahanan negara. Meutya ingin ke depannya fasilitas dan kurikulum selalu sigap dalam mengikuti kebutuhan dan permintaan di era digital.

Meutya mengungkapkan hal tersebut saat memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi I DPR RI dengan Pgs. Komandan Sesko TNI beserta jajarannya, di Sekolah Staf dan Komando TNI, Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/6/2021). Politisi Partai Golkar ini mengungkapkan, kunjungan ke Sesko TNI ini bertujuan meninjau langsung kesiapan dan strategi yang sudah diterapkan Sesko TNI dalam mendidik Pasis.

“Kami melihat mekanisme pendidikan yang dijalankan oleh Sesko sudah cukup ideal, yakni berbasis pada Adult Learning System. Kondisi sedang pandemi, Sesko sudah siap melakukan proses belajar secara virtual. Kami mengapresiasi hal ini sebagai bentuk kesigapan Sesko TNI dalam mengikuti perkembangan digital, yang mana proses pembelajaran tetap dilaksanakan dengan prioritas safety, comfort, efektif, dan efisien. Hal ini guna menciptakan beban belajar Pasis yang dirancang proporsional, sebagai bentuk menuju Smart Campus,” tuturnya.

Meutya dapat memahami harapan akan kebutuhan Sesko TNI Bandung itu sendiri. Ia bersama Anggota Komisi I DPR RI yang hadir, mengupayakan alokasi kebutuhan anggaran yang diajukan pada RKA Tahun Anggaran 2022.

“Kami melihat kebutuhan dari SDM di sini sudah cukup baik, namun sarana fasilitas serta kurikulum yang perlu ditingkatkan lagi. Dalam hal ini, kami segera tingkatkan alokasi yang nantinya akan diajukan ke RKA 2022, sebesar Rp256.702.742.305. Anggaran ini kemudian diperuntukkan untuk peningkatan fasilitas pendidikan pengembangan kurikulum khususnya di era digital,” pungkas Meutya, seperti dilansir laman resmi DPR.

Meutya menjelaskan, dengan penambahan anggaran ini, merupakan harapan sekaligus dukungan penuh Komisi I DPR RI terhadap mitranya. Hal ini dilakukan untuk mendorong Sesko TNI untuk melahirkan kader pimpinan TNI yang berkarakter kuat, berintegritas, memiliki visi yang maju, adaptif serta inovatif.

“Kami mengapresiasi kepada Sesko TNI Bandung, yang sudah bekerja optimal dalam membentuk Perwira TNI yang handal, profesional, serta proporsional. Kami berharap dengan manajemen kepimpinan yang sudah dilatih penuh ini, dapat menjadikan bekal, sekaligus tuntutan yang kuat dalam hal menjaga pertahanan bangsa dan negara,” tutup legislator dapil Sumatera Utara I itu.#

Artikel Terkait