oleh

Koopsau II Gelar Serbuan Vaksin Kedua di Tiga Tempat

MAKASSAR (Suarakaryanews.com):
Serbuan kedua vaksin Covid-19 Koopsau II kembali digelar, kali ini vaksinasi dilaksanakan di tiga lokasi wilayah Sulawesi Selatan, Sabtu (03/07/2021).

Lokasi pertama dilaksanakan di Gedung Serba Guna Suryadarma Makoopsau II, dua tempat berikutnya di Kodim 1421 Pangkep dan Koramil 1421-06/ Segeri, Sulawesi Selatan.

Dalam keterangannya Pangkoopsau II Marsda TNI Minggit Tribowo, S.I.P. menyampaikan bahwa Koopsau II sebagai kotama operasi, melaksanakan tugas diantaranya mendukung vaksinasi secara massal.

“Ini merupakan komitmen pemerintah dan kemarin bapak Presiden sudah menyampaikan, sasaran kita adalah 1 juta vaksin perhari.  Selanjutnya, kami koordinasikan dengan Pangdam untuk melaksanakan program vaksinasi”, kata Pangkoopsau II.

Pelaksanaan vaskinasi Covid-19 Koopsau II, dijelaskan Pangkoopsau II tidak hanya di Makoopsau II, namun juga berlangsung di seluruh jajaran Koopsau II.

“Koopsau II membawahi 13 Lanud (Pangkalan Udara), selain itu, kami juga memonitor program vaksinasi di Lanud Adi Soemarmo Solo, dan Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta”, sebut Pangkoopsau II.

Selain program regular, Pangkoopsau II menambahkan, program vaskinasi di Lanud-lanud Jajaran Koopsau II, juga dilaksanakan sacara massal disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing Lanud.

Dijelaskannya, pelaksanaan vaksinasi Koopsau II meliputi beberapa area disekitar lanud dan bandara.  “Kami fokus vaksinasi disekitar bandara, sekitar pangkalan udara.  Di bandara kita memastikan pergerakan penumpang dan pesawat, baik keluar maupun masuk, sehingga aman dan sehat”, ujar Pangkoopsau II.

Sementara target vaksinasi untuk dua hari kedepan di seluruh jajaran Koopsau II, ditarget sekitar 18. 500 orang. “Selama dua hari ke depan, sasaran seluruh jajaran Koopsau II sekitar 18.500 orang, kita sebar diseluruh wilayah, mulai dari Lanud Jenderal Sudirman yang ada di Purbalingga, ke timur sampai dengan lanud El Tari Kupang, kemudian mulai Lanud Anang Busra di Tarakan sampai dengan Menado dan Makassar”, Pangkoopsau II menjelaskan.

Dalam pelaksanaannya, Koopsau II secara ketat bekerja sama dengan unsur TNI yang lain, Kepolisian, Dinas Kesehatan, dan di bandara dengan Angkasa Pura, otoritas bandara, dan juga dengan seluruh stakeholder yang terkait dalam penyelenggaran program ini.

Disingung untuk wilayah Makassar, Pangkoopsau II mentargetkan 1.500 warga tervaksin.  “Hari ini, kami mentargetkan 600 warga tervaksin, kemudian kami juga melaksanakan di beberapa tempat, sehingga untuk wilayah Makassar ditargetkan  1.500 orang”, sebut Pangkoopsau II.

Nampak animo masyarakat untuk mendapatkan vaksin terlihat cukup tinggi, warga terus berdatangan ke lokasi vaksin untuk mendapatkan vaksin Covid-19 gratis yang digelar Koopsau II.   Dijelaskan Pangkoopsau II, selama beberapa hari berjalan, dari target yang disiapkan, selalu melebihi alokasi.

“Masyarakat sangat antusias, dan ternyata sangat membutuhkan”, tegas Pangkoopsau II

Sehingga, lanjut Pangkoopsau II, Kolaborasi TNI Angkatan Udara dengan TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, Kepolisian, yang terus bahu membahu dan dengan serentak bersama-sama memberikan kesempatan kepada masyarakat terutama dipolosok yang belum tersentuh fasilitas kesehatan, agar diberikan vaskinasi, harapan kita, dengan mereka yang sudah divaksinasi, maka herd immunity secara Nasional dapat tercapai.

“Kami optimis, beberapa hari kedepan ini, dengan dukungan vaksin dari pemerintah, kami akan maksimalkan, sehingga masyarakat yang telah mendapatkan vaksin semakin tinggi dan besar, dan immunity ditengah-tengah masyarakat dapat segera terwujud, sehingga Covid-19 ini dapat segera dikendalikan”, pungkas Pangkoopsau II. ***

Artikel Terkait