oleh

Mohammad Idris: Penanganan Sampah Harus Dikerjakan secara Simultan

DEPOK (suarakaryanews.com): Wali Kota Depok Mohammad Idris menyebut, penanganan sampah harus dikerjakan secara simultan dan butuh kerja sama seluruh pihak. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah penumpukan sampah di lokasi tertentu.

“Timbunan sampah di Kali Baru Kelurahan Tugu, Cimanggis yang saat ini tengah ditangani dinas terkait menjadi contoh, bahwa penanganan sampah harus dikerjakan secara simultan,” ujarnya usai menjalani donor plasma konvalesen di Markas PMI Depok, kemarin (28/01/2021).

Dikatakannya, faktor utama penyebab tumpukan sampah adalah kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Ditambah saluran air yang menyempit akibat sedimen pasir maupun lumpur.

“Saluran air mampet dan musim hujan tiba, tumpukan sampah tidak bisa kita hindari. Untuk itu, pemilahan sampah dari sumbernya, perlu digencarkan kembali,” terangnya, dilansir dari situs resmi Kota Depok, .

Wali Kota juga mengatakan, pihaknya telah membangun komunikasi dengan wilayah Jabodetabek terkait penanganan masalah sampah. Termasuk banjir, pencemaran udara, dan pembangunan daerah perbatasan.

“Sudah kami bahas dalam rapat yang diketuai Gubernur Jakarta beberapa waktu lalu. Mudah-mudahan ada solusi untuk penanganan sampah, khususnya di wilayah perbatasan,” tutupnya.*

Artikel Terkait