oleh

Optimis Industri Pariwisata Menggeliat Setelah Pandemi, KBRI Ankara Gencar Promosikan Pariwisata Indonesia Secara Virtual

ANKARA, TURKI (Suarakaryanews.com): Di tengah pandemi Perwakilan RI di luar negeri tetap gencar melakukan promosi pariwisata untuk nanti ketika pandemi telah berakhir. KBRI Ankara melakukan promosi secara virtual melalui keikutsertaan pada Izmir Tourism Fair and Festival (25-27/02/2021).

Dalam pameran tersebut KBRI Ankara memfasilitasi business to business meeting antara pelaku wisata Indonesia dengan pelaku wisata Turki. Kehadiran Indonesia sebagai exhibitor pada pameran disambut positif oleh pengunjung dan para agen dan tur operator asal Turki.

“Sudah lama pameran-pameran pariwisata di Turki tidak dapat diselenggarakan sejak tahun 2020 karena pandemi. Kali ini, akhirnya saya bisa datang ke booth virtual Indonesia untuk melihat kembali pariwisata Indonesia,” tutur pemilik Atlanta Tour and Travel, Aylin yang berbasis di Izmir, seperti dilansir laman resmi Kemlu.

Hal senada juga disampaikan oleh pemilik Jimbotour, Mutlu Zafrak, “Indonesia merupakan salah satu destinasi yang diminati bagi pelancong dari Turki. Akibat pandemi Covid-19, sudah banyak orang yang ingin sekali pergi ke Bali. Saya sudah banyak menerima permintaan dari orang-orang Turki, dan juga dari Inggris dan Jerman. Dalam kesempatan ini, saya ingin mencari rekanan agensi tur di Bali.”

Antusiasme tersebut disampaikan dalam pertemuan business-to-business (B-to-B) yang KBRI Ankara fasilitasi di sela-sela pameran bagi para agen dan tur operator di Turki dan Indonesia. Pertemuan B-to-B diharapkan dapat membantu pelaku industri pariwisata Indonesia dalam membangun jejaring untuk menarik kembali wisatawan Turki ke Indonesia pasca pandemi.

Meskipun perbatasan Indonesia belum dibuka bagi wisatawan asing, KBRI Ankara tetap melakukan promosi pariwisata kepada publik Turki di tengah pandemi. Hal ini dilakukan agar masyarakat Turki mengetahui protokol kesehatan yang telah dipersiapkan Pemerintah Indonesia untuk menyambut era baru pariwisata Indonesia.

“Selagi di dalam negeri Pemerintah fokus memitigasi pandemi, kami memilih mulai mempersiapkan pembukaan kembali melalui berbagai upaya promosi. Sehingga pada saatnya tiba, Indonesia sudah ada di dalam radar pelancong Turki. Selain melalui pameran ini, KBRI Ankara juga bekerja sama dengan para penggiat media sosial untuk melakukan promosi,” papar Perwakilan KBRI Ankara, Raditya Aji yang menangani berbagai upaya promosi pariwisata dan kerjasama sosial budaya.

Pameran Travel Turkey Izmir Digital Fair ini adalah pameran pariwisata internasional pertama yang diselenggarakan secara virtual di Turki. Pameran diselenggarakan atas kerjasama Izmir Fair Services Cultural and Art Affairs Trade Inc (IZFAS), TURSAB, Pemerintah Daerah Izmir, dan Kementerian Budaya dan Pariwisata Turki.# (Sumber: KBRI Ankara)

 

Artikel Terkait