oleh

Pemkot Tangerang Buka Posko Pengisian Tabung Oksigen Khusus untuk RS

TANGERANG (Suarakaryanews.com): Pemerintah Kota Tangerang, Banten, membentuk posko pengisian oksigen khusus untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit di saat terjadi lonjakan kasus COVID-19 di daerah itu.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Kamis mengatakan, rumah sakit di Kota Tangerang bisa memanfaatkan layanan ini untuk kemudahan mendapatkan pasokan oksigen.

“Posko ini hanya melayani kebutuhan untuk fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dalam membantu penanganan pasien COVID-19 yang sedang meningkat,” kata Arief di Puspemkot Tangerang.

Melalui posko ini, pihak rumah sakit (RS) bisa berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mendapatkan pasokan tabung oksigen. Dinas Kesehatan akan mendata lebih dahulu kebutuhan yang diperlukan RS dari tabung yang diberikan ke posko pengisian.

Setelah itu, pemkot akan melakukan pengisian ulang oksigen di PT. Krakatau Steel Cilegon Banten. “Setelah kita isi, tabung bisa kembali diambil oleh pihak RS di posko,” katanya dilansir laman antaranews.com.

Dia menegaskan, ketersediaan tabung oksigen saat ini di Kota Tangerang dalam kondisi cukup. Namun seiring adanya lonjakan kasus dan semakin banyak yang dirawat, pemkot membantu percepatan layanan.

Setiap rumah sakit diharuskan menyediakan tabung kosong berukuran enam meter kubik (m³) dengan label nama rumah sakit untuk dilakukan pengisian ulang di PT Krakatau Steel.

Selain itu, rumah sakit juga menyiapkan tenaga bongkar-muat tabung serta armada distribusi dari rumah sakit ke posko di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. “Tabung kosong dikirimkan ke posko paling lambat pukul 08.00 WIB,” kata wali kota.#

Artikel Terkait