oleh

Petani Binaan BAZNAS Peroleh Sertifikat Kompetensi Bidang Pertanian Organik Tanaman

SUKABUMI (Suarakaryanews.com): Setelah sebelumnya mengikuti uji kompetensi yang diadakan oleh komunitas organik Rumahku Hijau pada Kamis (27/5/2021), akhirnya petani kelompok Sari Alam binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) BAZNAS di Kelurahan Cibatu, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, memperoleh sertifikat kompetensi pertanian organik yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertfikasi Profesi (BNSP).

Kegiatan penyerahan sertifikat langsung diberikan owner Rumahku Hijau, Setiyo Utami, kepada perwakilan petani. Petani yang memperoleh sertifikat adalah Nasir Hidayat (44) selaku ketua kelompok tani dan Agus Rahmat (42) sebagai sekretaris GAPOKTAN Sugih Mukti. Selain itu ada juga Erik Mulyana selaku penyuluh pertanian di Kec. Cikembar yang memperoleh sertifikat tersebut.

Kualifikasi yang disertifikasi terdiri dari tiga kompetensi, yakni: Pelaksana Budidaya Organik Tanaman, Pelaksana Proses Pupuk Organik Tanaman dan Pelaksana Proses Pestisida Organik Tanaman. Tim asesor yang menguji petani berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Agribisnis Ambissi yaitu Direktur Iman Tjiptadi dan Sunarbowo selaku Manajer Sertifikasi. Sertifikat ini berlaku selama 4 tahun.

Nasir mengutarakan dengan diperolehnya sertifikat ini dapat menjadi bukti bahwa dalam menjalankan pertanian organik tidak hanya lahan yang harus disertifikasi tetapi jiwa raga yang menjalankannya juga harus disertikasi.

Harapan ke depan, lebih banyak lagi petani yang berminat untuk mengikuti kegiatan uji kompetensi, sehingga hasil pertanian secara keseluruhan dapat terakreditasi dan meningkatkan nilai jual.#

Artikel Terkait