oleh

Peternak Mustahik Binaan BAZNAS Dilatih Mencukur Bulu Domba

LAMPUNG TENGAH (Suarakaryanews.com): Kelompok Lumintu yang berada di Desa Rukti Endah, Kecamatan Seputih Raman merupakan salah satu kelompok peternak yang diberdayakan melalui Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah. Hingga April 2021 telah memiliki anggota sebanyak 12 orang peternak mustahik dan melakukan pemeliharaan sebanyak 93 ekor ternak kambing.

Pada Mei 2021, Kelompok Lumintu juga melakukan pemeliharaan domba dengan kerja sama pemeliharaan penggemukan ternak sebanyak 40 ekor bakalan jantan domba dan 8 ekor induk betina dari mitra kerjasama yaitu Remora Farm. Dalam menyukseskan proses penggemukan domba dan menjaga kualitas domba yang dihasilkan, Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah menerapkan SOP pemeliharaan pada ternak domba salah satunya melalui pencukuran bulu domba.

Peternak mustahik didampingi Pendamping Program melakukan pencukuran bulu domba yang ada di kandang peternak Kelompok Lumintu, pada Rabu (19/5/2021). Sebelum dilakukan pencukuran bulu domba sebelumnya ternak dilakukan proses recording dan monitoring untuk mengetahui kondisi ternak.

Teknis pencukuran bulu domba ini merupakan hal yang baru diterapkan di Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah karena sebelumnya hanya memiliki populasi kambing dan pada ternak kambing tidak menerapkan pencukuran bulu. Namun seiring berjalannya pendampingan, peternak sudah mulai mahir melakukan pencukuran bulu domba.

Pencukuran bulu domba penting dalam pemeliharaan domba karena jika tidak dicukur akan menimbulkan efek samping seperti mudahnya terkena penyakit dan menjadi tempat tumbuh parasit. Nantinya setiap bulan peternak mustahik akan didampingi oleh pendamping program maupun kader teknis dalam melakukan pencukuran bulu domba.

Diharapkan melalui penerapan SOP pemeliharaan yang tepat di Balai Ternak BAZNAS Lampung Tengah dapat menajaga kualitas ternak yang dipelihara pada program penggemukan serta dapat meningkatkan kepercayaan investor.#

Artikel Terkait