oleh

Program Sedekah Minyak Jelantah Bantu Kurangi Pencemaran Lingkungan

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Warga RW 10 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur meluncurkan program Sedekah Minyak Jelantah hasil dari limbah rumah tangga dan pedagang.

Program Sedekah Minyak Jelantah RW 10 dibentuk pasca reses Anggota DPRD DKI Jakarta, Judistira Hermawan 15 Desember 2020 lalu yang membahas Peraturan Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 4 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah.

Dalam peluncuran tersebut, diumumkan hasil pengumpulan jelantah selama dua pekan sebanyak 283 kilogram dan memiliki nilai Rp2.100.000 yang dijual kepada Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur. Nantinya, akan dipergunakan sebagai donasi bantuan kemanusiaan terhadap warga kurang mampu.

Lurah Jatinegara, Selamet Sihabudin, mengapresiasi antusiasme masyarakat yang tinggi akan program Sedekah Minyak Jelantah. Menurutnya, hasil dari kerja keras para kader Dasawisma dari pintu ke pintu rumah warga dan pedagang di RW 10 ini membuahkan hasil yang membahagiakan.

“Ini merupakan langkah positif yang harus terus menerus ditingkatkan. Selain, mendongkrak perekonomian rakyat hasilnya juga bisa untuk membantu seksama,” kata Selamet, saat dikonfirmasi, Jumat (29/01/2021).

Hal senada diungkapkan Anggota DPRD DKI Jakarta, Judistira Hermawan, yang menyampaikan rasa kagum dengan semangat para warga RW 10 di Kelurahan Jatinegara.

“Ini wujud nyata dari sesuatu yang tidak berguna di mata kita bisa menjadi kekuatan yang positif. Jadi bagian dari amal sedelah dari warga yang membutuhkan,” ujar Judistira dilansir timur.jakarta.go.id , laman berita resmi Pemkot Jakarta Timur.

Sementara itu, Ketua RW 10 Kelurahan Jatinegara, Muhamad Suharto Abdul Karim, mengungkapkan, bahwa program Sedekah Minyak Jelantah ini bagian inovasi yang akan terus dikembangkan dalam mengendalikan pencemaran jelantah, sehingga bisa dikelola dan tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

“Ini terus akan kita gencarkan. Dengan semangat warga bisa memanfaatkan limbah yang mereka hasilkan setiap hari untuk kegiatan sosial,” tandasnya. #

Artikel Terkait