oleh

PUSHIDROS TNI AL SOSIALISASIKAN WEB-PORTAL INDONESIAN HYDROGRAPHIC DATA CENTER

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Pusat Hidro-oseanografi TNI AL (Pushidros TNI AL) mengundang stakeholder dari Kementerian dan Lembaga terkait serta pengguna data spasial kelautan di Indonesia dalam acara sosialisasi web-portal Pushidrosal yaitu Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC) secara virtual.

Kegiatan sosialisasi Web-Portal Pushidrosal ini masih merupakan salah satu bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Satu Abad Hari Hidrografi Dunia.

Dalam sambutan pembukanya, Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P. menyampaikan bahwa adanya web-portal Pushidrosal yaitu Indonesia Hydrographic Data Centre (IHDC), adalah untuk untuk memberikan kemudahan dalam meningkatkan layanan penggunaan hidrospasial di Indonesia yang akurat dan mutakhir sebagai bagian dari infrastruktur data spasial nasional serta mendukung program pemerintah yaitu tentang Kebijakan Satu Peta sesuai dengan Peraturan Presiden No. 23 Tahun 2021.

Platform portal IHDC menggunakan standar dan praktek terbaik yang telah direkomendasikan oleh IHO dan lembaga hidrografi di seluruh dunia yang memiliki interoperabilitas dengan platform data spasial pada umumnya sehingga dapat mempermudah berbagi pakai data, tidak hanya untuk mendukung kepentingan navigasi saja, namun juga dapat digunakan untuk kepentingan strategis dan dasar pertimbangan proses pengambilan keputusan dalam pembangunan ekonomi dan perdagangan maritim, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan, pertahanan, mitigasi bencana alam, perlindungan lingkungan laut serta mendukung diplomasi negara terutama dalam mendukung upaya penetapan batas-batas maritim dengan negara tetangga.

Adapun dalam penyelenggaraan sosialisasi ini, secara teknis penjelasan tentang penggunaan aplikasi Web-Portal Pushidrosal disampaikan oleh Kapusdalops Pushidrosal, Letkol Laut (P) Agus Sutrianto dan Staf Pusdalpos Mayor Laut (T) Andri Novianto serta dipandu oleh Kolonel Laut (E) Dr. Yanuar Handwiono, M.Sc. sebagai moderator.

Pada akhir presentasi materi sosialisasi, Head of Partnering in Asia Pacific United Kingdom Hydrographic Office (UKHO) yaitu Mr. Christopher Hunt dan Mr. Shigeru Nakabayashi dari Japan Hydrographic and Oceanographic Department (JHOD) sebagai Counterpart Pushidrosal, yang juga hadir dalam kegiatan sosialisasi ini menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pushidrosal atas pencapaiannya terkait dengan IHDC sebagai implementasi dari Marine Spatial Data Infrastructure (MSDI) yang tidak hanya berperan dalam mendukung kepentingan navigasi namun juga untuk berbagai aktifitas di laut serta adanya MSDI ini akan menyempurnakan berbagai pengambilan keputusan dari berbagai aspek yang terkait dengan kebijakan maritim.

Wa-Asrena Kasal, Laksma TNI Yayan Sofyan juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pushidrosal yang telah dapat mengimbangi kompetensi global di era informasi digital ini serta IHDC diharapkan dapat memberikan kontribusi tidak hanya di lingkup nasional tapi juga regional dan internasional.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, yang juga hadir dalam sosialisasi virtual ini juga menyampaikan bahwa IHDC ini merupakan inovasi yang akan sangat bermanfaat dan linier dengan sistem informasi yang sedang dikembangkan oleh BMKG yaitu Indonesian Weather Information for Shipping yang diharapkan dapat berkolaborasi dengan IHDC dalam rangka mendukung kepentingan keselamatan pelayaran.

Pada akhir kegiatan sosialisasi, Komandan Pushidrosal juga menyampaikan bahwa para pengguna data hidrografi dari kementerian dan lembaga terkait serta para mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi dipersilahkan untuk menggunakan media IHDC tersebut dalam memenuhi kebutuhan data dan informasi peta laut indonesia dengan produk digital yang ada seperti data batimetri, ataupun layanan hidrospasial lainnya.

Pada era serba digital dan permintaan yang serba cepat, kebutuhan akan peta laut akan terus meningkat selaras dengan peningkatan aktifitas kemaritiman. Sehingga Pushidrosal selalu berupaya untuk terus mengembangkan produk turunan dan layanan web-portal yang ada, serta senantiasa terbuka untuk menerima masukan dari berbagai pihak sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam rangka turut mendukung pembangunan maritim Indonesia serta tercapainya visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.#

Artikel Terkait