oleh

Puskas BAZNAS Luncurkan Buku World Zakat Performance Index

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Pusat Kajian Strategis (Puskas) BAZNAS meluncurkan buku World Zakat Performance Index: A Conceptual Framework, yang disusun oleh Penelitian dan Pengembangan WZF, Kamis (27/5). Buku WZPI ini hadir untuk mengembangkan alat ukur untuk menilai kinerja lembaga zakat di kalangan anggotanya.

WZPI bertujuan untuk memberikan pedoman yang jelas bagi otoritas zakat dan lembaga zakat yang beroperasi di bawah organisasi Forum Zakat Dunia untuk mengevaluasi kinerja mereka berdasarkan kerangka hukum zakat, pengawasan zakat, pelaporan zakat, pengumpulan zakat, dan distribusi zakat.

Buku tersebut berisi penjelasan lebih lanjut tentang praktik administrasi zakat saat ini di berbagai negara Muslim, terutama di negara anggota WZF seperti Indonesia, Malaysia, Arab Saudi dan Sudan. Lima dimensi WZPI adalah Kerangka Hukum, Pengawasan Zakat, Pelaporan Zakat, Penghimpunan Zakat dan Pencairan Zakat.

Buku ini ditulis oleh Arwa V Rarasocta SKPm, Astika Rahmah Ghanny SE, Hidayaneu Farchatunnisa SE dan dipimpin oleh Peneliti: Abdul Aziz Yahya Saoqi, M.Sc. Penulis berharap buku ini bermanfaat bagi para sarjana, praktisi zakat, dan lembaga zakat untuk mengukur kinerja lembaga zakat. Buku dapat di download melalui link: https://puskasbaznas.com/publications/books/1518-world-zakat-performance-index-a-conceptual-framework.#

Artikel Terkait