oleh

Ribuan Lansia Di Wilayah Pluit Manfaatkan Program Vaksinasi COVID-19

JAKARTA (Suarakaryanewws.com): Sebanyak 1.500 warga lanjut usia (lansia) di wilayah Kelurahan Pluit sudah menjalani vaksinasi COVID-19 fase pertama. Untuk mempermudah dan menjangkau warga lansia mendapatkan layanan vaksinasi maka disiagakan sejumlah tempat pelayanan vaksinasi seperti di Puskesmas Kelurahan Pluit, RS Pluit, RS Atmajaya, Sekolah Permai dan Gereja GKY Pluit.

“Direncanakan, mulai besok akan diadakan pelayanan vaksinasi bagi lansia di Rusun Buddha Tzu Chi Muara Angke dengan target 500 orang. Dengan adanya program vaksinasi diharapkan semua lansia yang ada di wilayah Kelurahan Pluit bisa meningkat sistem kekebalan tubuhnya sehingga terlindung dari ancaman COVID-19,” ungkap Lurah Pluit, Rosiwan saat dikonfirmasi, Selasa (23/03/2021).

Ia menerangkan, target lansia di Kelurahan Pluit berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI mencapai 8.843 orang. Sedangkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta sebanyak 8.750.

“Program vaksinasi lansia masih terus berjalan. Kemudian masyarakat juga merasa senang dengan adanya layanan vaksinasi yang difasilitasi Pemda DKI karena prosesnya cepat, tenaga kesehatannya profesional, tempat yang disediakan cukup bersih dan nyaman,” ujarnya, seperti dilansir laman utara.jakarta.go.id.

Bagi lansia yang belum mendaftarkan diri sebagai peserta vaksin diharapkan bisa segera memanfaatkan program vaksinasi gratis yang sedang digencarkan pemerintah.

“Sosialisasi pentingnya vaksinasi bagi lansia masih terus dilakukan dengan melibatkan pengurus RT/RW, FKDM, LMK, PKK, Dasa Wisma, tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur lainnya. Kita juga gunakan media pengeras suara di masjid untuk menginformasikan pelaksanaan vaksinasi lansia,” terang Rosiwan.

Dengan kelengkapan informasi seputar vaksinasi COVID-19 yang diterima masyarakat diharapkan bisa meningkatkan capaian peserta vaksin. “Jangan ragu karena ini untuk kesehatan kita sendiri. Pandemi COVID-19 belum berakhir, mematuhi protokol kesehatan dan vaksinasi sebagai salah satu bentuk perlindungan diri,” himbau Lurah Pluit.#

Artikel Terkait