oleh

Sambut HUT ke-75 TNI AU, Lanud Supadio Gelar Donor Darah

PONTIANAK (Suarakaryanews.com): Lanud Supadio bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) kota Pontianak menggelar kegiatan donor darah di aula Brajamusti Yonko 465 Paskhas sebagai bentuk aksi sosial dan kemanusiaan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-75 TNI AU.

“Donor darah merupakan kegiatan sosial yang sangat mulia dan bernilai luhur karena kita secara sadar mau berbagi dengan memberikan sebagian dari darah kita kepada sesama yang membutuhkan untuk kelangsungan hidup maupun keselamatan,” ucap Komandan Lanud (Danlanud) Supadio Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak dalam sambutan pembukaan, Senin (29/03/2021).

Melalui donor darah, disebutkan juga terjadi hubungan yang saling menguntungkan antara pendonor maupun penerima donor.

“Dari beberapa referensi mendonorkan darah tidak hanya memberikan kesempatan hidup bagi penerima, namun sebagai pendonor turut mendapatkan manfaat kesehatan yang besar dan tentunya membantu mengisi ketersediaan kantong darah PMI di wilayah Kalbar,” tambah Danlanud.

Sementara itu Kasi Penyadapan PMI kota Pontianak bapak Bambang Baihaqi sangat mendukung dan berterimakasih atas terselenggaranya even donor darah seperti ini.

“Dalam sehari dibutuhkan 200 kantong darah untuk ketersediaan di wilayah Kalbar sedangkan dimasa pandemi saat ini hanya mampu memenuhi 50 sampai 70 kantong darah perhari sehingga dengan adanya even donor darah seperti ini, kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena sangat terbantu dalam memenuhi ketersediaan kantong darah” ucapnya.

Kemudian, menurutnya bagi seseorang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah 14 hari bisa mendonorkan darah yang tentunya tetap dilengkapi dengan keterangan sehat dari dokter yang berwenang.

Selain diikuti oleh personel militer Lanud Supadio, donor darah yang digelar ini juga melibatkan PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio, Polres Kubu Raya, Satbrimob Polda Kalbar maupun dari otoritas Bandara Internasional Supadio. (Pen Lanud Supadio) # #

Artikel Terkait