oleh

Sela Nur Hidayah, Penerima Beasiswa BAZNAS Jadi Peserta Terbaik dalam Uji Kompetensi Wartawan

LAMPUNG (Suarakaryanews.com): Sela Nur Hidayah, Penerima Beasiswa BAZNAS ditetapkan menjadi peserta terbaik dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Haluan Lampung Grup bersama Lembaga Pers Dr Soetomo Jakarta dengan jenjang Muda, Madya dan Utama. Kegiatan yang berlangsung pada 28-30 Juni 2021 di Gedung Belajar Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung.

Sela Nur Hidayah menjadi peserta terbaik kategori Muda dari seluruh peserta sebanyak 25 orang calon wartawan muda.

Sela juga wartawan paling muda dilihat dari sisi umur. Perempuan yang baru berumur 20 tahun ini bertubuh mungil namun gesit. Berita-berita yang ditulisnya kerap membuat “gerah” sejumlah pihak. Tulisannya tajam, faktual, dan berimbang kini telah diakui sebagai wartawan yang bekompeten. Wartawan yang juga mahasiswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung semester 6 ini merupakan penerima beasiswa Cendekia Baznas Kategori Aktivis Muda Angkatan ke 2.

Ia juga aktif di berbagai organisasi perempuan yaitu Rumah Perempuan dan Anak Kota Bandar Lampung, PC IPPNU Kota Bandar Lampung, Korps PMII Putri Rayon Tarbiyah dan Fatayat NU Tanjungsari. Menurutnya menjadi jurnalis mempunyai tantangan sendiri bagi kaum perempuan, selain harus ikut memperjuangkan hak-hak perempuan, tantangan yang dihadapi yaitu ancaman ketika mencari narasumber, dan permasalahan sosial ketika perempuan lebih disalahkan pada kasus pelecehan seksual.

Sela Nur Hidayah sangat berterima kasih kepada seluruh tim penguji dan pengajar dari Lembaga Pers Dr. Soetomo atas ilmu yang telah diberikan. “Terutama untuk Bapak Lahyanto Nadie sebagai penguji saya yang sudah memberikan banyak sekali pengetahuan baru, semoga saya dapat mengikuti jejak Tim dari LPDS ini,” paparnya.

Ahmad Djauhar selaku anggota Dewan Pers mengapresiasi kegigihan peserta UKW untuk menjadi wartawan yang bekerja sesuai kode etik dan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999. “Jika kita bekerja secara profesional dan sesuai kode etik pasti akan berjalan dengan baik, ” ujarnya.

Ia juga mengatakan seorang wartawan harus menyampaikan berita yang edukatif, informatif dan komunikatif. “Jangan berhenti sampai di sini teruslah belajar dari siapapun, jangan merasa paling hebat karena diatas langit masih ada langit,” tandasnya.#

Artikel Terkait