oleh

Sinergi BAZNAS dan Direktorat Polairud Polda Jateng Siapkan Vaksinasi Masyarakat Pesisir di Desa Bedono

DEMAK (Suarakaryanews.com): Sahabat ZCD BAZNAS bersama Kasubdit Operasi Polairud Jawa Tengah melakukan studi awal persiapan vaksinasi untuk masyarakat pesisir sekitar Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Senin (28/6/2021). Sebanyak 6000 vaksin Sinovac sudah disiapkan oleh Direktorat Polairud Jawa Tengah.

Dalam studi awal, Direktur III Poltekkes, Lutfi menjelaskan bahwa untuk penyimpanan vaksin diperlukan cool box agar menjaga vaksin tidak rusak dan harus dipastikan bahwa vaksinasi tahap 2 kurang lebih 28 hari kemudian, vaksin sudah harus siap.

Dibahas juga dalam pertemuan terkait layout tempat vaksinasi. Akan ada 4 meja dan 1 pra meja yang disediakan. Meja 1 untuk pendaftaran dan pendataan peserta vaksinasi; meja 2 untuk screening kondisi kesehatan peserta; meja 3 untuk vaksinasi; dan meja 4 untuk observasi yang digunakan sebagai tempat istirahat selama 15 menit untuk melihat ada atau tidaknya dampak yang dialami. Sedangkan pra meja 1 digunakan untuk pengecekan darah dan jantung.

Sebagai antisipasi, akan dipersiapkan juga ICU mini dan ambulans jika ada kondisi atau keadaan darurat. Dipersiapkan juga ruang istirahat tersendiri untuk tenaga medis. Diharapkan vaksin Covid-19 ini dapat menjadi solusi untuk menyudahi pandemi yang telah merenggut banyak korban jiwa dan melumpuhkan aktivitas masyarakat sebelumnya.#

Artikel Terkait