oleh

Sri Mulyani: Kemenkeu Harus Bertransformasi untuk Hadapi Tantangan

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Saat ini banyak tantangan yang dihadapi oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai bendahara negara. Tantangan utamanya adalah mengelola APBN di tengah pandemi, diikuti oleh tantangan digital ekonomi, perubahan iklim, dan sumber daya manusia.

Hal ini disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, saat menjadi pembicara pada acara Capacity Building, Diseminasi, dan Kick Off Duta Transformasi Kemenkeu, Rabu (31/03/2021).

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Kemenkeu akan terus bertransformasi. “Bagaimana kita harus bekerjasama dari sisi penerimaan, dari sisi belanja, belanja pusat, belanja daerah. Bagaimana kita mengelola utang yang meningkat. Bagaimana kita harus membuat seluruh kekayaan negara yang dipisahkan maupun yang tidak dipisahkan, dia bisa menjadi bagian dari solusi. Itu semuanya harusnya ada di dalam pikiran kita, di dalam hati kita, bahkan dalam Anda tidur untuk mimpi pun harusnya mimpi APBN ini kondisi keuangan negara luar biasa mengalami guncangan,” jelas Menkeu kepada duta transformasi tahun 2021.

Selanjutnya, dalam bertransformasi, kompetensi, profesionalisme, dan integritas menjadi penting. Ketiganya harus diupayakan, diatur, dan tidak hanya menjadi jargon.

Kemenkeu telah memiliki integrity framework yang sudah dibangun dan dipelopori oleh Central Transformation Office dan didorong oleh Inspektorat Jenderal. Kerangka itu yang menjadi acuan pegawai Kemenkeu untuk bersikap.

“Integrity is becoming everything. Kita tidak bicara tentang integritas profesionalitas dari 0, dari lembaran yang kosong atau belum ada fondasinya. Kita telah memiliki fondasi,” ungkap Menkeu dilansir laman Kemenkeu.

Menkeu berharap adanya Duta Transformasi, Kemenkeu dapat terus meningkatkan fokus, menginspirasi, membangun sistem yang berdaya tahan, memunculkan ide baru, menjaga semangat, dan konsisten dalam menjalankan tugas. Dengan demikian Kemenkeu akan berhasil mencapai tujuan organisasi dan negara. #

Artikel Terkait