oleh

Tercepat di FP1 GP Jerman, Marquez Tunjukkan Tanda-tanda “Comeback”?

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez menunjukkan tanda-tanda comeback dan berusaha menjaga rekor nirkalah di sirkuit Sachsenring ketika memuncaki catatan waktu sesi latihan bebas pertama Grand Prix Jerman pada Jumat.

Marquez mencetak waktu terbaik 1:21,660 demi mengungguli pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo dengan margin 0,168 detik di saat sang pebalap Yamaha sempat terjatuh hebat di awal sesi latihan namun lolos dari cedera, demikian laman resmi MotoGP.

Takaaki Nakagami menjaga tren positif Honda di Sachsenring dengan finis P3 untuk tim LCR Honda.

Pol Espargaro, kendati sempat terjatuh di Tikungan 3, membawa motor RC213V ketiga ke peringkat empat terpaut 0,350 detik dari rekan satu timnya.

Sachsenring, yang menjadi sirkuit terpendek di kalender, tahun lalu batal menggelar Grand Prix karena pandemi COVID-19, yang berarti rentetan kemenangan Marquez masih bertahan.

Marquez saat ini menjadi pebalap paling dominan di Sachsenring dengan mengantongi tujuh kemenangan di kelas premier sejak debut di MotoGP pada 2013, serta tiga kemenangan di kelas 125cc dan Moto2 di saat sang pebalap Spanyol belum terkalahkan di sirkuit Jerman itu sejak 2010.

Marquez menghadapi tantangan tersendiri akhir pekan ini, ketika mendapati P7 sebagai hasil finis terbaiknya musim ini sejak kembali membalap dari cedera berkepanjangan.

Kewalahan dengan lengan kanannya, yang cedera sejak Juli tahun lalu, dan juga bahunya, Marquez tak mengalami masalah melibas tikungan ke kiri, yang mendominasi sirkuit berlawanan arah jarum jam di Jerman tersebut.

Alex Rins telah kembali menunggangi motor Suzuki GSX-RR setelah naik meja operasi pascakecelakaan ketika latihan di Barcelona.

Sesi FP1 berjalan sangat ketat ketika selisih catatan waktu 19 pebalap teratas berada dalam rentang kurang dari satu detik dan hanya 1,309 detik memisahkan Marquez dengan Brad Binder yang berada di peringkat terakhir.

Quartararo tiba di seri kedelapan dengan keunggulan 14 poin atas Johann Zarco sebagai pemucak klasemen sementara.

Di saat Quartararo telah menikmati tiga kemenangan musim ini, Zarco masih mencari peluang untuk kemenangan perdananya di kelas premier. Sang pebalap Pramac Racing dibayangi duet pebalap tim pabrikan Ducati Jack Miller dan Francesco Bagnaia, di saat juara dunia bertahan Joan Mir menghuni peringkat lima klasemen namun terpaut 37 poin dari Quartararo.

Sedikitnya lintasan lurus di Sachsenring bisa menguntungkan Suzuki dan Yamaha akhir pekan ini. Namun, Miguel Oliveira, yang finis runner-up dan pertama di dua balapan terakhir untuk KTM bisa menjadi ancaman.

Sepuluh besar catatan waktu FP1 GP Jerman
1 M. MARQUEZ 1:21,660
2 F. QUARTARARO +0,168
3 T. NAKAGAMI +0,276
4 P. ESPARGARO +0,350
5 A. ESPARGARO +0,380
6 J. MILLER +0,391
7 A. RINS +0,416
8 J. ZARCO +0,488
9 J. MIR +0,512
10 M. VI√ĎALES +0,593. (Antara)#

Artikel Terkait