oleh

Terpuruk Imbas Pandemi, Fadlun Berhasil Bangkit Bersama BAZNAS

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun lalu turut memberi pukulan berat kepada perekonomian keluarga Fadlun. Pandemi memaksa wanita berusia 36 tahun itu merasakan pahit keluar dari tempat kerjanya pada pertengahan 2020 lalu. Dia pun bingung, dan tak tau harus mencari rezeki ke mana lagi di tengah kondisi yang serba sulit.

Guna membantu keuangan keluarga yang paceklik di masa pandemi, Fadlun mencoba memulai usaha baru dengan berjualan pecel, gorengan, dan aneka minuman. Teras rumah Fadlun menjadi awal dimulainya usaha pecel. Setiap pagi ia menjajakan pecel dan gorengan yang ditata rapi di atas meja panjang hingga pukul 09.00. Namun sayangnya usaha yang dirintis masih belum cukup, dan sulit berkembang dengan segala keterbatasan.

Tekad dan kesungguhan Fadlun memang sangat kuat untuk menghidupi keluarga dan kedua anaknya. Di tengah keterbatasan modal untuk mengembangkan usaha, Fadlun terus berpikir keras. Sempat terlintas di benaknya saat itu untuk berjualan keliling di kampungnya atau di sekolahan setelah berjualan pagi. Namun sayangnya hal ini tidak bisa dilakukan karena lagi-lagi terbentur modal.

Segala doa Fadlun akhirnya terjawab ketika dia terpilih menjadi mitra mustahik BAZNAS Microfinance Desa Bedono. BAZNAS memberikan modal usaha tanpa bunga, yang membuat Fadlun bisa tenang berjualan tanpa harus memikirkan riba. Modal usaha yang diterima pada Desember 2020 ia gunakan untuk mewujudkan keinginannya membeli gerobak dan tambahan bahan dagangan.

“Sebelumnya omzet yang didapat Rp1 juta setiap bulannya, Alhamdulillah saat ini omzet penjualannya sudah perlahan merangkak naik menjadi Rp2 juta dan terus naik tiap bulannya. Saat ini juga saya sedang dibuatkan NIB-IUMK guna perizinan usaha,” kata Fadlun dengan bersemangat.

Kebiasaan baru di masa pandemi kini mulai ditangkap Fadlun untuk mengembangkan usahanya. Untuk menarik pembeli, Fadlun mulai memasang wifi yang ia sediakan untuk anak sekolah yang akan mengerjakan tugasnya.

“Melihat segmen anak-anak, saat ini saya menambah varian dagangan dengan berjualan sosis goreng, mie gelas, mini burger, aneka jajanan, dan minuman dingin,” ujar Fadlun.

Fadlun merupakan salah satu mitra BMD Bedono yang saat ini dalam proses pembuatan branding. Selain itu, BMD Bedono juga telah memfasilitasi Fadlun dalam pengurusan legalitas usaha. BAZNAS berharap upaya positif yang dilakukan kepada mitra mustahik akan membantu mereka keluar dari krisis dan membuat lebih sejahtera.#

Artikel Terkait