oleh

TNI AU – Bakorda Bandung Berikan 4000 Paket Sembako dan Vaksinasi Gratis untuk Masyarakat Bandung

BANDUNG (Suarakaryanews.com): Menjelang peringatan ke-74 Hari Bakti TNI AU yang akan diperingati pada tanggal 29 Juli 2021 mendatang, TNI Angkatan Udara Badan Koordinasi Daerah (Bakorda) Bandung menggelar Serbuan Vaksinasi dan Pembagian Sembako Gratis untuk warga masyarakat disekitar Bandung yang terdampak pandemi Covid-19, Pada hari Senin dan Selasa tanggal 26-27 Juli 2021, bertempat di Hanggar Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara Bandung Senin (26/7/2021).

Kegiatan ini digelar untuk membantu program pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi 1 juta orang tervaksin per hari untuk menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity.

TNI AU juga akan memberikan Bantuan Sosial (Bansos) berupa sembako sebanyak 4000 paket, dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Pada serbuan Vaksin kali ini TNI AU Bakorda Bandung menerjunkan 10 tim vaksinator, setiap tim terdiri dari 8 nakes. Panitia memfasilitasi Vaksinasi untuk dosis 1 dan dosis 2 untuk masyarakat umum.
Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Ali Gusman, S.T., M.M., Selaku Ketua Panitia Hari Bakti TNI AU Ke 74 Bakorda Bandung mengatakan, pemberian bantuan sosial ini selain untuk membantu warga yang terdampak langsung oleh penerapan PPKM darurat, juga mengajak masyarakat bersama-sama melakukan vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan dengan 5M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas.

Kepala Staf Angkatan udara (KASAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., menghadiri acara tersebut dan membagikan 4000 paket sembako secara langsung ke Warga berasal dari desa Citepus, Bojong Koneng, Maleber, Gunung Batu, Cimahi, Padalarang dan sekitarnya.
Pada kesempatan yang sama Danlanud Husein Sastranegara mengucapkan rasa terimakasih kepada para Nakes dan pihak-pihak yang berpartisifasi penuh sehingga terlaksananya kegiatan ini.

Selain kegiatan tersebut di atas, untuk memperingati Hari Bakti TNI AU ke 74 tahun 2021 ini, TNI AU Bakorda juga melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan, meliputi Donor Darah, Ziarah dan sejumlah kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

Kepala Dinas Penerangan AU Marsma TNI Indan Gilang mengatakan, kegiatan itu juga digelar dalam rangka peringatan Ke-74 Hari Bakti TNI AU. Menurutnya serbuan vaksinasi itu digelar selama dua hari.

“Jadi targetnya adalah memvaksinasi 4.000 warga, dibagi ke dalam dua hari, hari pertama 2.000 orang, hari ke dua juga 2.000 orang,” kata Kadispenau.

Menurut Kadispenau, TNI AU Bakorda Bandung itu mengerahkan 10 tim vaksinator gabungan dari satuan kesehatan TNI AU yang ada di wilayah Bandung. Sehingga ia berharap vaksinasi itu dapat mempercepat timbulnya kekebalankelompok.

Sejauh ini, kata dia, sudah ada sekitar 220 ribu orang yang mengikuti vaksinasi yang digelar oleh TNI AU. Dari jumlah tersebut, 153 ribu orang di antaranya adalah masyarakat umum yang berada di sekitar Lanud TNI AU.

“Jadi vaksinasi utamanya untuk masyarakat di sekitar Lanud, kita ingin mencapai Herd Immunity khususnya untuk Angkatan Udara,” Ujarnya

Selain melakukan vaksinasi, TNI AU juga membagikan 4.000 paket sembako kepada masyarakat di sekitar Lanud Husein sebagai upaya penanganan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.#

Artikel Terkait