oleh

Vaksinasi Untuk Pemulihan Ekonomi

JAKARTA (Suarakaryanews.com): Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan bagaimana Indonesia menghadapi pandemi Covid 19 dalam wawancara virtualnya pada acara Squawk Box CNBC Asia. Menkeu pun mengungkapkan bahwa pemerintah terus berupaya untuk menjaga ketahanan dengan meningkatkan pengendalian dan pengelolaan pandemi, khususnya di beberapa provinsi yang mengalami peningkatan kasus sangat pesat. Untuk itu, program vaksinasi pun menjadi langkah penting untuk memulihkan ekonomi.

“Vaksinasi di Indonesia telah dilakukan sejak minggu ketiga Januari 2021. Saat ini diberikan kepada tenaga kesehatan terlebih dahulu yang nantinya akan simultan diimplementasikan hingga seluruh Indonesia,” kata Menkeu, Senin (25/01/2021), seperti dilansir website resmi Kementerian Keuangan laman kemenkeu.go.id.

Vaksinasi di Indonesia rencananya akan dilakukan kepada 182 juta masyarakat Indonesia. Dengan tantangan kondisi geografi Indonesia, diperlukan strategi yang baik untuk melaksanakannya. Menurut perhitungan, vaksinasi akan memakan waktu sekitar 15 bulan. Namun demikian, Presiden meminta untuk dipercepat menjadi 12 bulan. Kombinasi antara peningkatan kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan, serta hadirnya vaksin diharapkan dapat makin mendukung proses pemulihan, tidak hanya kesehatan tapi juga ekonomi.

“Ini benar-benar tugas yang berat bagi semua orang tetapi kami akan mengerahkan seluruh sektor, juga pemerintah daerah, bahkan militer dan polisi, karena ini prioritas yang sangat penting,” kata Menkeu.*

Artikel Terkait